Ratih Kuspriyadani

Cewek yang mencoba untuk mengejar mimpi-mimpinya...

Ratih Kuspriyadani

Cewek yang apa adanya

Ratih Kuspriyadani

Cewek yang suka dengan dunianya

Pertama-tama, kalian pasti sudah mengenal Fakultas Sains dan Teknologi yang dulunya bernama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Airlangga ini bukan??? Yosh… Fakultas yang terletak di Kmapus C Universitas Airlangga (UNAIR) ini merupakan Fakultas yang lumayan besar tempatnya, selain itu juga banyak sekali program studi di dalamnya. 

Namun kali ini Gua akan membahas tentang Departemen Biologi, di mana gua mengenyam pendidikan sarjana di sini. Mungkin secara sejarah Gua belum begitu tahu secara detail, namun Gua akan bercerita mengenai kondisi terkini saja, Departemen Biologi memiliki dua program studi di dalamnya, yaitu Biologi dan Ilmu Teknologi Lingkungan (ITL). Karena Gua mengambil jurusan S1 Biologi, jadi Gua akan mengupas secara lebih spesifik tentang jurusan Gua. (Bukannya Gua tidak mau membahas seluk beluk ITL, hanya saja Gua takut ada kesalahan dikarenakan Gua tidak mengambil program studi tersebut). 

Pada semester satu kemarin, Gua masih mendapatkan mata kuliah yang dasar seperti Kimia Dasar, Fisika Dasar dan Biologi Umum, selain itu juga ada mata kuliah Agama dan Kewarganegaraan. Praktikum kemarin dilaksanakan di TDC (Tropical Disease Center) yang kini berubah nama menjadi ITD. Namun, pada semester dua ini, praktikum Biologi seperti Morfologi Tumbuhan dan Anatomi Tumbuhan sudah dilaksanakan di FSaintek. Mengenai Kamppus??? Jangan ditanya, Kampus Fsaintek terkenal dengan kampusnya yang rindang dan hijau, terutama bagian Departemen Biologi. 

Letak Sekret HIMA yang berdekatan dengan SC (Student Center) menjadikannya teman yang sangat sejuk dengan berbagai tanaman dan kolam ikan di sekitarnya. Laboratorium di sini juga sudah memadahi, walaupun Gua baru menempati satu ruangan untuk praktikum. Tapi Gua merasa cukup ideal di dalamnya. Bicara tentang Akreditasi, tenang saja karena Alhamdulillah program studi S1 Biologi mendapat Akreditasi A. 

Tentang kakak kelas, terutama yang juga dari program studi Biologi semuanya baik kepada adik kelasnya. Di sini kebersamaan sangat dijunjung tinggi, meskipun banyak orang mengatakan bahwa jika kita sudah kuliah kita akan lebih cenderung untuk bersikap individu. Memang benar secara akademik kita akan berjalan sendiri-sendiri (hal ini terbukti waktu UTS dan UAS yang telah kujalani, dan semuanya kukerjakan dengan jerih payahku sendiri meskipun hasilnya tidak terlalu baik). Namun, secara non akademik, kebersamaan di Departemen Biologi bisa dibilang sangat solid, hal ini bisa kita rasakan dengan adanya Kelompok Studi (KS) di sini. 

Meskipun aku tidak ikut HIMA, dan hanya menjadi anggota pasif dari UKM Penalaran. Aku melihat banyak sekali kelompok studi yang sangat berguna untuk akademik dan non akademik kita. Saat ini aku mengikuti Kelompok Studi MSC (Microbiology Study Club). Di sini membahas mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan benda-benda mikroba. Ada juga KS Herpetolpogy yang berkecimpung di dunia reptile dan amphibi, KS Peksia yang membahas tentang burung, KS Banyu yang berhubungan dengan segala sesuatu di dunia air, KS Flora yang berhubungan dengan dunia tumbuhan, serta masih banyak Kelompok Study lainnya. 

Tahun ini, Dekan dan Wakil Dekan FSaintek diduduki oleh orang Biologi juga, yaitu Bapak Salamun dan Bapak Win Darmanto. Selain itu, Ketua Bagian Kemahasiswaan juga diduduki oleh orang Biologi yang terkenela di antara mahasiswanya, siapa lagi kalau bukan Bapak Herry Purnobasuki. Adapun Bapak Hari Soepriandono yang juga menjadi pembimbing UKM Penalaran Unair. Dan, tahun ini BEM FSaintek dan Ketua JIMM FSaitek diketuai oleh mahasiswa Biologi yang juga angkatan 2007, yaitu Mas Ariyo Mukti dan Mas Elga Renjana. Malahan Presiden BEM Unair tahun kemarin adalah Mas Faiz dar Biologi angkatan 2005. 

Biologi, dibalik namanya yang seakan-akan selalu dikaitkan dengan sosok yang scientist dan seakan-akan jauh dari dunia social, ternyata salah besar. Buktinya Biologi bisa melahirkan sosok-sosok yang berjiwa kepemimipinan. Namun, seperti kata peatah Tak ada Gading yang Tak Retak. Di balik semua kebaikan Departemen Biologi pasti ada kelemahannya. Namun, sebagai warga Departemen Biologi hal tersebut bisa ditutupi dengan sumber daya manusia yang baik. So, tunggu apalagi???? Masuk Departemen Biologi untuk masa depan yang lebih baik.

 Sekilas...inilah beberapa foto di dalam Kampus... tepatnya di SC (Student Center)


Suasana yang hijau...SC merupakan tempat yang nyaman untuk segala aktifitas mahasiswa....


Mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas.....


Juga tempat untuk berdiskusi....

3 Responses so far.

  1. pant...pant... yosha, blognya dah update nih, tukeran link yuk?

  2. ratih says:

    @resna : yo'i... maap baru balas sekarang. sibuk , haha.. *liar*.
    makasih yah udah berkunjung.

Leave a Reply

Komentar kamu akan sangat berarti bagiku . . . so berikan komentar yang OK punya . . .

Tuesday, April 6, 2010

Ayo Daftar di Sini…. Departemen Biologi Universitas Airlangga

Pertama-tama, kalian pasti sudah mengenal Fakultas Sains dan Teknologi yang dulunya bernama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Airlangga ini bukan??? Yosh… Fakultas yang terletak di Kmapus C Universitas Airlangga (UNAIR) ini merupakan Fakultas yang lumayan besar tempatnya, selain itu juga banyak sekali program studi di dalamnya. 

Namun kali ini Gua akan membahas tentang Departemen Biologi, di mana gua mengenyam pendidikan sarjana di sini. Mungkin secara sejarah Gua belum begitu tahu secara detail, namun Gua akan bercerita mengenai kondisi terkini saja, Departemen Biologi memiliki dua program studi di dalamnya, yaitu Biologi dan Ilmu Teknologi Lingkungan (ITL). Karena Gua mengambil jurusan S1 Biologi, jadi Gua akan mengupas secara lebih spesifik tentang jurusan Gua. (Bukannya Gua tidak mau membahas seluk beluk ITL, hanya saja Gua takut ada kesalahan dikarenakan Gua tidak mengambil program studi tersebut). 

Pada semester satu kemarin, Gua masih mendapatkan mata kuliah yang dasar seperti Kimia Dasar, Fisika Dasar dan Biologi Umum, selain itu juga ada mata kuliah Agama dan Kewarganegaraan. Praktikum kemarin dilaksanakan di TDC (Tropical Disease Center) yang kini berubah nama menjadi ITD. Namun, pada semester dua ini, praktikum Biologi seperti Morfologi Tumbuhan dan Anatomi Tumbuhan sudah dilaksanakan di FSaintek. Mengenai Kamppus??? Jangan ditanya, Kampus Fsaintek terkenal dengan kampusnya yang rindang dan hijau, terutama bagian Departemen Biologi. 

Letak Sekret HIMA yang berdekatan dengan SC (Student Center) menjadikannya teman yang sangat sejuk dengan berbagai tanaman dan kolam ikan di sekitarnya. Laboratorium di sini juga sudah memadahi, walaupun Gua baru menempati satu ruangan untuk praktikum. Tapi Gua merasa cukup ideal di dalamnya. Bicara tentang Akreditasi, tenang saja karena Alhamdulillah program studi S1 Biologi mendapat Akreditasi A. 

Tentang kakak kelas, terutama yang juga dari program studi Biologi semuanya baik kepada adik kelasnya. Di sini kebersamaan sangat dijunjung tinggi, meskipun banyak orang mengatakan bahwa jika kita sudah kuliah kita akan lebih cenderung untuk bersikap individu. Memang benar secara akademik kita akan berjalan sendiri-sendiri (hal ini terbukti waktu UTS dan UAS yang telah kujalani, dan semuanya kukerjakan dengan jerih payahku sendiri meskipun hasilnya tidak terlalu baik). Namun, secara non akademik, kebersamaan di Departemen Biologi bisa dibilang sangat solid, hal ini bisa kita rasakan dengan adanya Kelompok Studi (KS) di sini. 

Meskipun aku tidak ikut HIMA, dan hanya menjadi anggota pasif dari UKM Penalaran. Aku melihat banyak sekali kelompok studi yang sangat berguna untuk akademik dan non akademik kita. Saat ini aku mengikuti Kelompok Studi MSC (Microbiology Study Club). Di sini membahas mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan benda-benda mikroba. Ada juga KS Herpetolpogy yang berkecimpung di dunia reptile dan amphibi, KS Peksia yang membahas tentang burung, KS Banyu yang berhubungan dengan segala sesuatu di dunia air, KS Flora yang berhubungan dengan dunia tumbuhan, serta masih banyak Kelompok Study lainnya. 

Tahun ini, Dekan dan Wakil Dekan FSaintek diduduki oleh orang Biologi juga, yaitu Bapak Salamun dan Bapak Win Darmanto. Selain itu, Ketua Bagian Kemahasiswaan juga diduduki oleh orang Biologi yang terkenela di antara mahasiswanya, siapa lagi kalau bukan Bapak Herry Purnobasuki. Adapun Bapak Hari Soepriandono yang juga menjadi pembimbing UKM Penalaran Unair. Dan, tahun ini BEM FSaintek dan Ketua JIMM FSaitek diketuai oleh mahasiswa Biologi yang juga angkatan 2007, yaitu Mas Ariyo Mukti dan Mas Elga Renjana. Malahan Presiden BEM Unair tahun kemarin adalah Mas Faiz dar Biologi angkatan 2005. 

Biologi, dibalik namanya yang seakan-akan selalu dikaitkan dengan sosok yang scientist dan seakan-akan jauh dari dunia social, ternyata salah besar. Buktinya Biologi bisa melahirkan sosok-sosok yang berjiwa kepemimipinan. Namun, seperti kata peatah Tak ada Gading yang Tak Retak. Di balik semua kebaikan Departemen Biologi pasti ada kelemahannya. Namun, sebagai warga Departemen Biologi hal tersebut bisa ditutupi dengan sumber daya manusia yang baik. So, tunggu apalagi???? Masuk Departemen Biologi untuk masa depan yang lebih baik.

 Sekilas...inilah beberapa foto di dalam Kampus... tepatnya di SC (Student Center)


Suasana yang hijau...SC merupakan tempat yang nyaman untuk segala aktifitas mahasiswa....


Mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas.....


Juga tempat untuk berdiskusi....

3 comments:

  1. pant...pant... yosha, blognya dah update nih, tukeran link yuk?

    ReplyDelete
  2. @resna : yo'i... maap baru balas sekarang. sibuk , haha.. *liar*.
    makasih yah udah berkunjung.

    ReplyDelete

Komentar kamu akan sangat berarti bagiku . . . so berikan komentar yang OK punya . . .