Ratih Kuspriyadani

Cewek yang mencoba untuk mengejar mimpi-mimpinya...

Ratih Kuspriyadani

Cewek yang apa adanya

Ratih Kuspriyadani

Cewek yang suka dengan dunianya

Inilah hasil pemotretan dari sel akar tumbuhan yang bermacam-macam jenisnya yang kulakukan waktu praktikum anatomi tumbuhan. Mohon maaf sebelumnya kalau hasilnya kurang atau bahkan tidak memuaskan. Hal ini dikarenakan kamera yang aku gunakan adalah kamera handphoneku. Jadi ya mohon dimaklumi. 

 

Zea mays
Foto disamping adalah penampang melintang dari akar Zea mays atau jagung. Zea mays merupakan tumbuhan monokotil, sehingga cirri-ciri anatomi akarnya adalah berkas pengangkut semuanya radial, yaitu membentuk jari-jari berselang-seling antara xilem dan floem). Kemudian jaringan terluar epidermis dan dibawahnya hipodermis atau eksodermis. Korteks  tersusun atas jaringan parenkim dengan bagian terdalam membentuk lapisan endodermis yang berdinding tebal (sebagai batas korteks dan stele).Akan tetapi tidak semua lapisan sel-sel lapisan endodermis berdinding tebal, ada yang tidak mengalami penebalan disebut sel peresap (agar dapat dilalui larutan), penebalan endodermis dengan pita kaspari. Di bawah lapisan endodermis terdapat  sel-sel yang berdinding tipis yaitu perisikel. Stelenya  tersusun atas berkas pengangkut dan empulur. Berkas pengangkut (floem dan xilem) umumnya membentuk jari-jari, tetapi ada juga yang membentuk kelompok. Banyaknya jari-jari floem dan xilem ada 2,3,4,5 dan seterusnya dengan sebutan Diark (2), Triark (3), Tetrak (4), Pentarch (5) dan Poliark (apabila banyak).



Avicennia alba.
Tumbuhan Avicennia alba gtergolong dalam tumbuhan dikotil. Dari preparat ini dapat kita simpulkan bagian-bagian dari akar dikotil. Bagian paling luar adalah epidermis, tetapi setelah tua hilang dan digantikan dengan jaringan gabus yang tersususn atas felogen. Jaringan selanjutnya adalah parenkim korteks yang  mengandung amilum. Pada jaringan pengangkutnya terdapat  xilem sekunder dan primer karena aktivitas kambium. Selain itu Jaringan penguat berupa sklerenkim yang tersebar di antara parenkim korteks.




Pinus merkusii.
Pinus tergolong dalam tumbuhan gymnospermae, dari preparat ini dapat kita lihat susunan dari penampang melintangnya, akar pinus hamper sama dengan akar tumbuhan dikotil pada u munya. Hanya saja pada preparat pinus ini ditemukan saluran resin atau saluran hars yang terletak di xylem.

7 Responses so far.

  1. Pertamax...salam kenal z...artikel y menarik...visit my blog..thnxs

  2. wah....aku ketemu ma cewe cantik and pinter nih....salam kenal ya...sukses selalu gan

  3. Fandri says:

    Wah-wah, kemampuanku diambil neehh... Hehehe...

  4. Buset, ngene iki lo anak didik Pak Jono. Tuker link yuk?

  5. gaelby says:

    Infonya mantab neh. You must be a wonder girl.
    Salam kenal, blognya aq follow ya :)

  6. om rame says:

    terima kasih atas sharenya, jadi tambah wawasan nih dibidang IPA.

    kunjungan perdana, sekaLian ijin menjadi foLLower di bLog ini. saLam kenaL.

  7. ratih says:

    @arifborneo : salam kenal juga, terimakasih sudah berkunjung

    @rizal : salam kenal juga, amien.. semoga sukses juga..

    @fandri : Hehe...bukan diambil, tapi dipinjem bentar.

    @arek resna : Pak Jono, kangen banget gitu lho..hehe

    @gaelby : salam kenal juga, terima kasih udah difollow. Aku follow balik.

    @Om rame : sama-sama, aku juga masih belajar kok. Trima kasih udah difollow,aku follow balik deh.

Leave a Reply

Komentar kamu akan sangat berarti bagiku . . . so berikan komentar yang OK punya . . .

Saturday, June 5, 2010

Hasil Jepretan Akar Monokotil, Dikotil, dan Gymnospermae.

Inilah hasil pemotretan dari sel akar tumbuhan yang bermacam-macam jenisnya yang kulakukan waktu praktikum anatomi tumbuhan. Mohon maaf sebelumnya kalau hasilnya kurang atau bahkan tidak memuaskan. Hal ini dikarenakan kamera yang aku gunakan adalah kamera handphoneku. Jadi ya mohon dimaklumi. 

 

Zea mays
Foto disamping adalah penampang melintang dari akar Zea mays atau jagung. Zea mays merupakan tumbuhan monokotil, sehingga cirri-ciri anatomi akarnya adalah berkas pengangkut semuanya radial, yaitu membentuk jari-jari berselang-seling antara xilem dan floem). Kemudian jaringan terluar epidermis dan dibawahnya hipodermis atau eksodermis. Korteks  tersusun atas jaringan parenkim dengan bagian terdalam membentuk lapisan endodermis yang berdinding tebal (sebagai batas korteks dan stele).Akan tetapi tidak semua lapisan sel-sel lapisan endodermis berdinding tebal, ada yang tidak mengalami penebalan disebut sel peresap (agar dapat dilalui larutan), penebalan endodermis dengan pita kaspari. Di bawah lapisan endodermis terdapat  sel-sel yang berdinding tipis yaitu perisikel. Stelenya  tersusun atas berkas pengangkut dan empulur. Berkas pengangkut (floem dan xilem) umumnya membentuk jari-jari, tetapi ada juga yang membentuk kelompok. Banyaknya jari-jari floem dan xilem ada 2,3,4,5 dan seterusnya dengan sebutan Diark (2), Triark (3), Tetrak (4), Pentarch (5) dan Poliark (apabila banyak).



Avicennia alba.
Tumbuhan Avicennia alba gtergolong dalam tumbuhan dikotil. Dari preparat ini dapat kita simpulkan bagian-bagian dari akar dikotil. Bagian paling luar adalah epidermis, tetapi setelah tua hilang dan digantikan dengan jaringan gabus yang tersususn atas felogen. Jaringan selanjutnya adalah parenkim korteks yang  mengandung amilum. Pada jaringan pengangkutnya terdapat  xilem sekunder dan primer karena aktivitas kambium. Selain itu Jaringan penguat berupa sklerenkim yang tersebar di antara parenkim korteks.




Pinus merkusii.
Pinus tergolong dalam tumbuhan gymnospermae, dari preparat ini dapat kita lihat susunan dari penampang melintangnya, akar pinus hamper sama dengan akar tumbuhan dikotil pada u munya. Hanya saja pada preparat pinus ini ditemukan saluran resin atau saluran hars yang terletak di xylem.

7 comments:

  1. Pertamax...salam kenal z...artikel y menarik...visit my blog..thnxs

    ReplyDelete
  2. wah....aku ketemu ma cewe cantik and pinter nih....salam kenal ya...sukses selalu gan

    ReplyDelete
  3. Wah-wah, kemampuanku diambil neehh... Hehehe...

    ReplyDelete
  4. Buset, ngene iki lo anak didik Pak Jono. Tuker link yuk?

    ReplyDelete
  5. Infonya mantab neh. You must be a wonder girl.
    Salam kenal, blognya aq follow ya :)

    ReplyDelete
  6. terima kasih atas sharenya, jadi tambah wawasan nih dibidang IPA.

    kunjungan perdana, sekaLian ijin menjadi foLLower di bLog ini. saLam kenaL.

    ReplyDelete
  7. @arifborneo : salam kenal juga, terimakasih sudah berkunjung

    @rizal : salam kenal juga, amien.. semoga sukses juga..

    @fandri : Hehe...bukan diambil, tapi dipinjem bentar.

    @arek resna : Pak Jono, kangen banget gitu lho..hehe

    @gaelby : salam kenal juga, terima kasih udah difollow. Aku follow balik.

    @Om rame : sama-sama, aku juga masih belajar kok. Trima kasih udah difollow,aku follow balik deh.

    ReplyDelete

Komentar kamu akan sangat berarti bagiku . . . so berikan komentar yang OK punya . . .