Ratih Kuspriyadani

Cewek yang mencoba untuk mengejar mimpi-mimpinya...

Ratih Kuspriyadani

Cewek yang apa adanya

Ratih Kuspriyadani

Cewek yang suka dengan dunianya

Kalian pasti sudah sangat sering menonton tayangan produksi Asia seperti Jepang, Taiwan, ataupun Korea yang kebanyakan ditayangkan di Stasiun TV Swasta Indonesia seperti drama, kartun, dan sebagainya. Tapi, tahukah kalian Negara mana yang membuatnya???Apakah itu buatan Korea, Jepang, atau Taiwan??.Teman-temanku yang juga suka menonton drama Asia kadang juga masih bingung apakah itu buatan Korea, Jepang, atau Taiwan??. Kalau orang yang suka menonton drama Asia saja sering bingung, apalagi yang kurang begitu suka menonton drama?. Kebanyakan dari mereka hanya menonton saja dan menyukai alur ceritanya saja, tanpa tahu itu produksi Negara Asia mana.

Adapun beberapa tips atau cara untuk membedakan mana buatan Korea, Jepang, atau Taiwan. Kali ini aku akan membahas seputar drama saja. Drama yang aku maksud ini adalah drama yang sudah didubbing, karena bila bukan drama dubbingan atau dalam bentuk masih asli, tentu kita akan sangat mudah mengenalinya dengan bahasa yang digunakan.

Pertama, nama. Sebenarnya cukup mudah untuk membedakannya, cukup dengan melihat nama pemainnya, baik nama asli atau nama yang diperankan dalam drama tersebut. Dan untuk Korea, Jepang, atau Taiwan, juga tidak begitu sulit karena pasti ada nama marga atau keluarga di depan atau belakangnya yang memudahkan kita untuk memgenalinya. Untuk Jepang, penamaannya biasanya dalam satu kata terdiri banyak
suku kata. Misalnya Sakuraba, Kurasawa, Miyamoto, Ichimaru, dst. Sedangkan untuk Taiwan, biasanya nama yang digunakan adalah bukan nama kelahiran, melainkan nama yang sudah dikenal (atau mungkin nama baptis, aku juga sedikit kurang mengerti), seperti Michele Yeoh, Daid Wu, Alan Yu, dsb. Adapun nama yang dipakai ketika waktu dia lahir seperti Yuen Tai Ying, Yong Tian, dsb. Sedangkan untuk Korea, di sini pengucapannya sedikit sulit karena menurutku kesinambungan antara kata satu dengan kata lainnya kurang begitu pas. Seperti Song Hye Kyo, Go Eun Woo, Gyeun Woo, dsb. Meskipun agak sama dengan Taiwan, tapi kalau kita mencoba menyebutkan namanya, akan lebih sulit untuk nama Korea.

Yang kedua adalah setting atau tempat drama itu dibuat. Meskipun sedikit sulit untuk membedakan antara ketiga negara ini, karena memiliki musim yang sama. Namun kita bisa membedakan dengan bentuk rumahnya. Kalau di Jepang, rumah yang digunakan hampir semua pintunya menggunakan pintu geser ke samping. Selain itu, rumahnya ternuat dari kayu, dan kecil-kecil. Yah, seperti rumah ala Jepang kebanyakan lah. Sedangkan untuk drama Taiwan model rumahnya biasa sudah seperti rumah zaman sekarang. Dan untuk drama Korea, rumahnya kadang menggunakan pinu geser, tapi tidak semua drama dan tidak sesering di Jepang. Satu hal, orang Korea tidurnya di bawah seperti halnya orang Jepang dengan menata dulu kasurnya sebelum tidur.

Yang ketiga, dandanan pemainnya. Orang Jepang sampai saat ini masih menyukai harajuku sebagai trend fashion mereka. Orang Taiwan, meskipun mereka tidak begitu mengikuti harajuku, tapi model rambut artis cowok mereka kebanyakan agak panjang dan dicat pirang. Orang Korea, nah ini kebanyakan artis Korea
benar-benar fashionable, bahkan untuk artis cowoknya. Sepertinya mereka ini berlomba-lomba untuk menunjukkan bahwa mereka adalah artis yang selain tampan, jago acting, tapi mereka juga bukan artis yang biasa-biasa saja karena mereka juga memperhatikan style mereka. Kebanyakan artis cowok di sana metroseksual, sehingga kesan maskulin sangatlah kental pada diri mereka karena selain mereka acting, mereka juga menyanyi baik solo maupun dalam boyband.

Keempat, episode. Drama Jepang episodenya sedikit, antara 5-12 episode. Karena drama di Jepang dibuat per musim dan tayang satu minggu sekali. Dan setiap episodenya kebanyakan diberi subjudul. Sedangkan untuk Taiwan dan Korea episode bisa sampai 20-30an. Tapi yang pasti nggak sampai ratusan kayak telenovela ataupun sinetron di Indonesia, hehehe.

Kelima, ciri khas penyutingan drama masing-masing. Karena bingung memasukkan kategori apa, akhirnya aku masukkan dalam kategori ciri khas penyutingan. Drama Jepang kebanyakan kurang begitu cerah pencahayaannya dan sedikit gelap dibandingkan drama Taiwan atau Korea, atau mungkin ini memang disengaja. Untuk drama Taiwan, menurutku sudah cukup baik pencahayannya. Dan untuk Korea, dramanya cukup terang pencahayaannya. Jadi kalau aku rangking drama berdasarkan pencahayaannya adalah pertama Korea, Taiwan, terakhir Jepang.

Jadi, apakah kalian sudah bisa membedakan drama yang kalian toton itu buatan
Negara mana???Semoga bisa memberikan inspirasi buat kalian.


Drama Jepang, gaya pencahayannya yang "gelap"


drama korea, artisnya terlampau "cantik", bahkan untuk ukuran cowok


 
 drama Taiwan, menurutku masih "datar-datar" saja.

So far, drama dari ketiga negara tersebut bagus-bagus semua...hehe

5 Responses so far.

  1. wah.. pecinta film2 dorama dan kawan2 ya? makasih deh bat tips pembedanya..

  2. wah.. pecinta film2 dorama dan kawan2 ya? makasih deh bat tips pembedanya..

  3. wah.. pecinta film2 dorama dan kawan2 ya? makasih deh bat tips pembedanya..

  4. Pakies SM says:

    Pertama, dari Blitar menuju madiun dengan membawa tali silaturrahim persahabatan.
    Kedua, hebat ya Sis bisa ngebedain 3 tayangan dari negara berbeda

  5. ratih says:

    @saidi : ya lumayan suka, daripada nonton sinetron yang bisa bikin esmosi..hehehe.. btw, makasih sudah berkunjung


    @pakies : kalo kita sering nonton pasti akan terbiasa dengan tipe-tipe drama tsb...hehe... makasih sudah berkunjung...salam kenal

Leave a Reply

Komentar kamu akan sangat berarti bagiku . . . so berikan komentar yang OK punya . . .

Monday, July 19, 2010

Cara Membedakan Mana Tayangan Produksi Jepang, Taiwan, dan Korea

Kalian pasti sudah sangat sering menonton tayangan produksi Asia seperti Jepang, Taiwan, ataupun Korea yang kebanyakan ditayangkan di Stasiun TV Swasta Indonesia seperti drama, kartun, dan sebagainya. Tapi, tahukah kalian Negara mana yang membuatnya???Apakah itu buatan Korea, Jepang, atau Taiwan??.Teman-temanku yang juga suka menonton drama Asia kadang juga masih bingung apakah itu buatan Korea, Jepang, atau Taiwan??. Kalau orang yang suka menonton drama Asia saja sering bingung, apalagi yang kurang begitu suka menonton drama?. Kebanyakan dari mereka hanya menonton saja dan menyukai alur ceritanya saja, tanpa tahu itu produksi Negara Asia mana.

Adapun beberapa tips atau cara untuk membedakan mana buatan Korea, Jepang, atau Taiwan. Kali ini aku akan membahas seputar drama saja. Drama yang aku maksud ini adalah drama yang sudah didubbing, karena bila bukan drama dubbingan atau dalam bentuk masih asli, tentu kita akan sangat mudah mengenalinya dengan bahasa yang digunakan.

Pertama, nama. Sebenarnya cukup mudah untuk membedakannya, cukup dengan melihat nama pemainnya, baik nama asli atau nama yang diperankan dalam drama tersebut. Dan untuk Korea, Jepang, atau Taiwan, juga tidak begitu sulit karena pasti ada nama marga atau keluarga di depan atau belakangnya yang memudahkan kita untuk memgenalinya. Untuk Jepang, penamaannya biasanya dalam satu kata terdiri banyak
suku kata. Misalnya Sakuraba, Kurasawa, Miyamoto, Ichimaru, dst. Sedangkan untuk Taiwan, biasanya nama yang digunakan adalah bukan nama kelahiran, melainkan nama yang sudah dikenal (atau mungkin nama baptis, aku juga sedikit kurang mengerti), seperti Michele Yeoh, Daid Wu, Alan Yu, dsb. Adapun nama yang dipakai ketika waktu dia lahir seperti Yuen Tai Ying, Yong Tian, dsb. Sedangkan untuk Korea, di sini pengucapannya sedikit sulit karena menurutku kesinambungan antara kata satu dengan kata lainnya kurang begitu pas. Seperti Song Hye Kyo, Go Eun Woo, Gyeun Woo, dsb. Meskipun agak sama dengan Taiwan, tapi kalau kita mencoba menyebutkan namanya, akan lebih sulit untuk nama Korea.

Yang kedua adalah setting atau tempat drama itu dibuat. Meskipun sedikit sulit untuk membedakan antara ketiga negara ini, karena memiliki musim yang sama. Namun kita bisa membedakan dengan bentuk rumahnya. Kalau di Jepang, rumah yang digunakan hampir semua pintunya menggunakan pintu geser ke samping. Selain itu, rumahnya ternuat dari kayu, dan kecil-kecil. Yah, seperti rumah ala Jepang kebanyakan lah. Sedangkan untuk drama Taiwan model rumahnya biasa sudah seperti rumah zaman sekarang. Dan untuk drama Korea, rumahnya kadang menggunakan pinu geser, tapi tidak semua drama dan tidak sesering di Jepang. Satu hal, orang Korea tidurnya di bawah seperti halnya orang Jepang dengan menata dulu kasurnya sebelum tidur.

Yang ketiga, dandanan pemainnya. Orang Jepang sampai saat ini masih menyukai harajuku sebagai trend fashion mereka. Orang Taiwan, meskipun mereka tidak begitu mengikuti harajuku, tapi model rambut artis cowok mereka kebanyakan agak panjang dan dicat pirang. Orang Korea, nah ini kebanyakan artis Korea
benar-benar fashionable, bahkan untuk artis cowoknya. Sepertinya mereka ini berlomba-lomba untuk menunjukkan bahwa mereka adalah artis yang selain tampan, jago acting, tapi mereka juga bukan artis yang biasa-biasa saja karena mereka juga memperhatikan style mereka. Kebanyakan artis cowok di sana metroseksual, sehingga kesan maskulin sangatlah kental pada diri mereka karena selain mereka acting, mereka juga menyanyi baik solo maupun dalam boyband.

Keempat, episode. Drama Jepang episodenya sedikit, antara 5-12 episode. Karena drama di Jepang dibuat per musim dan tayang satu minggu sekali. Dan setiap episodenya kebanyakan diberi subjudul. Sedangkan untuk Taiwan dan Korea episode bisa sampai 20-30an. Tapi yang pasti nggak sampai ratusan kayak telenovela ataupun sinetron di Indonesia, hehehe.

Kelima, ciri khas penyutingan drama masing-masing. Karena bingung memasukkan kategori apa, akhirnya aku masukkan dalam kategori ciri khas penyutingan. Drama Jepang kebanyakan kurang begitu cerah pencahayaannya dan sedikit gelap dibandingkan drama Taiwan atau Korea, atau mungkin ini memang disengaja. Untuk drama Taiwan, menurutku sudah cukup baik pencahayannya. Dan untuk Korea, dramanya cukup terang pencahayaannya. Jadi kalau aku rangking drama berdasarkan pencahayaannya adalah pertama Korea, Taiwan, terakhir Jepang.

Jadi, apakah kalian sudah bisa membedakan drama yang kalian toton itu buatan
Negara mana???Semoga bisa memberikan inspirasi buat kalian.


Drama Jepang, gaya pencahayannya yang "gelap"


drama korea, artisnya terlampau "cantik", bahkan untuk ukuran cowok


 
 drama Taiwan, menurutku masih "datar-datar" saja.

So far, drama dari ketiga negara tersebut bagus-bagus semua...hehe

5 comments:

  1. wah.. pecinta film2 dorama dan kawan2 ya? makasih deh bat tips pembedanya..

    ReplyDelete
  2. wah.. pecinta film2 dorama dan kawan2 ya? makasih deh bat tips pembedanya..

    ReplyDelete
  3. wah.. pecinta film2 dorama dan kawan2 ya? makasih deh bat tips pembedanya..

    ReplyDelete
  4. Pertama, dari Blitar menuju madiun dengan membawa tali silaturrahim persahabatan.
    Kedua, hebat ya Sis bisa ngebedain 3 tayangan dari negara berbeda

    ReplyDelete
  5. @saidi : ya lumayan suka, daripada nonton sinetron yang bisa bikin esmosi..hehehe.. btw, makasih sudah berkunjung


    @pakies : kalo kita sering nonton pasti akan terbiasa dengan tipe-tipe drama tsb...hehe... makasih sudah berkunjung...salam kenal

    ReplyDelete

Komentar kamu akan sangat berarti bagiku . . . so berikan komentar yang OK punya . . .