Ratih Kuspriyadani

Cewek yang mencoba untuk mengejar mimpi-mimpinya...

Ratih Kuspriyadani

Cewek yang apa adanya

Ratih Kuspriyadani

Cewek yang suka dengan dunianya


Kebun Raya Purwodadi, dari kiri ke kanan : gua, Evi, Afida, Virna, Dyna


16 Desember 2011 lalu gua ama temen2 jurusan gua ada praktikum lapangan Taksonomi Tumbuhan di Kebun Raya Prurwodadi di Pasuruan sana. Kegiatannya ya pengamatan tentang tumbuhan2 yang ada di sana. Nah, satu kelas dibagi jadi sepuluh kelompok. Satu kelompok bisa bikin 5-6 mahasiswa. Kelompok gua yang terdiri dari Virna, Evi, Fida, Dyna, ama Uus kebagian tumbuhan dari kelas Palmae. Palmae atau Arecaceae itu semacem taneman palem-paleman, kayak kelapa, pinang gitu loh…

Pagi hari, jam setengah 7 kumpul di depan Kampus FST. Gua datang jam 7 tet, Pas banget ama bisnya udah mau berangkat. Perjalanannya sekitar dua jam. Nyampe di Purwodadi sekitar jam setengah 10. Briefing bentar ama dosen, trus capcus deh ke masing2 klas tumbuhan yang dituju.

Nah, karena kelompok gua kedapetan Palmae, pas banget letaknya tu di sebelah kanannya pintu masuk. Dan yang lebih alhamdulillahnya lagi, di setiap taneman palm semuanya udah ada papan nama species. Jadi kelompok kami ngga perlu deh kelamaan ngidentifikasi, wakakaka..
:ngakak

Sekitar sejam’an lebih, dan kelompok kami udah dapet foto 19 spesies, padahal sama dosennya cuma disuruh nyari 5. Berarti udah waktunya kami istirahat.
Oiya, satu tips buat kalian yang pengen wisata ke Kebun Raya Purwodadi, bawa Soffel atau Autan ya…nyamuknya ganas gilak.
:hammer


Sambil istirahat sambil foto2 tentunya…hahahaha
Di taman kaktus, gua ama Uus







 Oke, itu tadi sekilas perjalanan praktikum lapangan gua di Kebun Raya Purwodadi.
Berikut  adalah 3 dari species yang berhasil kami identifikasi. So, check this out.

Deskipsi jenis palem

  1. Areca macrocalyx ex. Blume.
Areca macrocalyx Zipp. ex Blume

Klasifikasi Tumbuhan

Kingdom          : Plantae
Super Divisio    : Spermatophyta
Divisio              : Magnoliophyta
Classis              : Liliopsida
Sub Classis       : Arecidae
Ordo                : Arecales
Familia              : Arecaceae
Genus               : Areca
Species            : Areca macrocalyx Zipp. ex Blume
Nama daerah    : Kainsendei

Deskripsi Analitik

Tanamn Palem ini tipe pertumbuhannya tegak. Batang berbentuk bulat dengan tekstur permukaan batang halus dengan warna hijau saat muda dan coklat saat tumbuhan dewasa. Daun berwarna hijau muda dan berbentuk menyirip (pinnate) dengan permukaan bergelombang halus. Ujung daun berbentuk terbelah dua, tepi daun bergelombang. Anak daun berbentuk lanceolatus dengan ujung anak daun runcing. Tata letak daun berseling. Areca macrocalyx ex. Blume memiliki pelepah daun yang berwarna hijau muda dengan bintik-bintik putih. Bunganya tersusun dalam tandan, tangkai bunga memeluk batang berwarna putih kekuningan. Bunga berumah tunggal. Bunga betina terletak pada pangkal rachilla sedangkan bunga jantan terletak pada rachilla. Buah berbentuk elips, bergerombol pada tangkai buah, tekstur permukaan buah licin atau halus dan memiliki lapisan tengah yang berserabut. Buah yang telah matang akan berwarna hijau yang masih muda berwarna kuning kehijauan. Bijinya tunggal, berbentuk bulat dengan endocarp licin dan endosperm ruminate serta embrio lateral. Akarnya serabut, habitatnya tumbuh pada ketinggian 10-60 m dpl, pada tanah kering atau berbatu.


  1. Metroxylon sagu
Metroxylon sagu Rottb.

Klasifikasi Tumbuhan

Kingdom          : Plantae
Super Divisio    : Spermatophyta
Divisio              : Magnoliophyta
Classis              : Liliopsida
Sub Classis       : Arecidae
Ordo                : Arecales
Famili               : Arecaceae
Genus               : Metroxylon
Species            : Metroxylon sagu Rottb.
Nama daerah    : Sagu



Deskripsi Analitik

Pohonnya berukuran besar. Batang berwarna coklat dengan bentuk bulat. Daun berwarna hijau dengan bentuk daun pinnate, ujung daun acuminate, tepi daun berduri, tekstur permukaan daun halus, tata letak daun teratur. Pelepah daun berwarna coklat, memiliki duri, yang nampak seperti sisir dengan panjang antara 10-30 cm dan berbentuk jarum. Bunga dan buah tidak ditemukan pada saat pengamatan. Akar serabut. Habitat: Tumbuh pada ketinggian 2-70 m dpl, pada tanah berair dan pada daerah sepanjang pesisir pantai. Pemanfaatan: Tumbuhan Metroxylon sagu dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan makanan pokok yaitu aci sagu. Kulit batang dimanfaatkan untuk pembuatan titian, daun dimanfaatkan sebagai dinding rumah dan atap.


3.      Areca catechu L

Areca catechu L.

Klasifikasi Tumbuhan

Kingdom          : Plantae
Super Divisio    : Spermatophyta
Divisio              : Magnoliophyta
Classis              : Liliopsida
Sub Classis       : Arecidae
Ordo                : Arecales
Famili               : Arecaceae
Genus               : Areca
Species            : Areca catechu L.
Nama daerah    : Pinang

Deskripsi Analitik

Areca catechu L. atau pinang merupakan tanaman Palma familia Arecaceae yang dapat mencapai tinggi 15-20 m. Berakar serabut, putih kotor. Batang tegak lurus tinggi, tidak bercabang dengan bekas daun yang lepas. Daunnya majemuk menyirip tumbuh berkumpul di ujung batang membentuk roset batang. Pelepah daun berbentuk tabung, tangkai daun pendek. anak daun ujungnya sobek dan bergigi.
Tongkol bunga dengan seludang panjang yang mudah rontok, keluar dari bawah roset daun, dengan tangkai pendek bercabang rangkap. Ada 1 bunga betina pada pangkal, di atasnya banyak bunga jantan tersusun dalam 2 baris yang tertancap dalam alur. Bunga jantan panjang 4 mm, putih kuning, benang sari 6. Bunga betina panjang, hijau, bakal buah beruang satu.
Bijinya satu, bentuknya seperti kerucut pendek dengan ujung membulat, pangkal agak datar dengan suatu lekukan dangkal, permukaan luar berwarna kecoklatan sampai coklat kemerahan, agak berlekuk-lekuk menyerupai jala dengan warna yang lebih muda. Pada bidang irisan biji tampak perisperm berwarna coklat tua dengan lipatan tidak beraturan menembus endosperm yang berwarna agak keputihan.
Buahnya buah buni, bulat telur sungsang memanjang, dinding buah berserabut, bila masak warnanya merah oranye.







2 Responses so far.

  1. wah foto2nya mirip di kebun raya bogor loh.. :)

  2. ratih says:

    hahaha..masa sih...belum pernah ke kebun raya bogor padahal..

Leave a Reply

Komentar kamu akan sangat berarti bagiku . . . so berikan komentar yang OK punya . . .

Sunday, January 15, 2012

Praktikum Lapangan di Kebun Raya Purwodadi


Kebun Raya Purwodadi, dari kiri ke kanan : gua, Evi, Afida, Virna, Dyna


16 Desember 2011 lalu gua ama temen2 jurusan gua ada praktikum lapangan Taksonomi Tumbuhan di Kebun Raya Prurwodadi di Pasuruan sana. Kegiatannya ya pengamatan tentang tumbuhan2 yang ada di sana. Nah, satu kelas dibagi jadi sepuluh kelompok. Satu kelompok bisa bikin 5-6 mahasiswa. Kelompok gua yang terdiri dari Virna, Evi, Fida, Dyna, ama Uus kebagian tumbuhan dari kelas Palmae. Palmae atau Arecaceae itu semacem taneman palem-paleman, kayak kelapa, pinang gitu loh…

Pagi hari, jam setengah 7 kumpul di depan Kampus FST. Gua datang jam 7 tet, Pas banget ama bisnya udah mau berangkat. Perjalanannya sekitar dua jam. Nyampe di Purwodadi sekitar jam setengah 10. Briefing bentar ama dosen, trus capcus deh ke masing2 klas tumbuhan yang dituju.

Nah, karena kelompok gua kedapetan Palmae, pas banget letaknya tu di sebelah kanannya pintu masuk. Dan yang lebih alhamdulillahnya lagi, di setiap taneman palm semuanya udah ada papan nama species. Jadi kelompok kami ngga perlu deh kelamaan ngidentifikasi, wakakaka..
:ngakak

Sekitar sejam’an lebih, dan kelompok kami udah dapet foto 19 spesies, padahal sama dosennya cuma disuruh nyari 5. Berarti udah waktunya kami istirahat.
Oiya, satu tips buat kalian yang pengen wisata ke Kebun Raya Purwodadi, bawa Soffel atau Autan ya…nyamuknya ganas gilak.
:hammer


Sambil istirahat sambil foto2 tentunya…hahahaha
Di taman kaktus, gua ama Uus







 Oke, itu tadi sekilas perjalanan praktikum lapangan gua di Kebun Raya Purwodadi.
Berikut  adalah 3 dari species yang berhasil kami identifikasi. So, check this out.

Deskipsi jenis palem

  1. Areca macrocalyx ex. Blume.
Areca macrocalyx Zipp. ex Blume

Klasifikasi Tumbuhan

Kingdom          : Plantae
Super Divisio    : Spermatophyta
Divisio              : Magnoliophyta
Classis              : Liliopsida
Sub Classis       : Arecidae
Ordo                : Arecales
Familia              : Arecaceae
Genus               : Areca
Species            : Areca macrocalyx Zipp. ex Blume
Nama daerah    : Kainsendei

Deskripsi Analitik

Tanamn Palem ini tipe pertumbuhannya tegak. Batang berbentuk bulat dengan tekstur permukaan batang halus dengan warna hijau saat muda dan coklat saat tumbuhan dewasa. Daun berwarna hijau muda dan berbentuk menyirip (pinnate) dengan permukaan bergelombang halus. Ujung daun berbentuk terbelah dua, tepi daun bergelombang. Anak daun berbentuk lanceolatus dengan ujung anak daun runcing. Tata letak daun berseling. Areca macrocalyx ex. Blume memiliki pelepah daun yang berwarna hijau muda dengan bintik-bintik putih. Bunganya tersusun dalam tandan, tangkai bunga memeluk batang berwarna putih kekuningan. Bunga berumah tunggal. Bunga betina terletak pada pangkal rachilla sedangkan bunga jantan terletak pada rachilla. Buah berbentuk elips, bergerombol pada tangkai buah, tekstur permukaan buah licin atau halus dan memiliki lapisan tengah yang berserabut. Buah yang telah matang akan berwarna hijau yang masih muda berwarna kuning kehijauan. Bijinya tunggal, berbentuk bulat dengan endocarp licin dan endosperm ruminate serta embrio lateral. Akarnya serabut, habitatnya tumbuh pada ketinggian 10-60 m dpl, pada tanah kering atau berbatu.


  1. Metroxylon sagu
Metroxylon sagu Rottb.

Klasifikasi Tumbuhan

Kingdom          : Plantae
Super Divisio    : Spermatophyta
Divisio              : Magnoliophyta
Classis              : Liliopsida
Sub Classis       : Arecidae
Ordo                : Arecales
Famili               : Arecaceae
Genus               : Metroxylon
Species            : Metroxylon sagu Rottb.
Nama daerah    : Sagu



Deskripsi Analitik

Pohonnya berukuran besar. Batang berwarna coklat dengan bentuk bulat. Daun berwarna hijau dengan bentuk daun pinnate, ujung daun acuminate, tepi daun berduri, tekstur permukaan daun halus, tata letak daun teratur. Pelepah daun berwarna coklat, memiliki duri, yang nampak seperti sisir dengan panjang antara 10-30 cm dan berbentuk jarum. Bunga dan buah tidak ditemukan pada saat pengamatan. Akar serabut. Habitat: Tumbuh pada ketinggian 2-70 m dpl, pada tanah berair dan pada daerah sepanjang pesisir pantai. Pemanfaatan: Tumbuhan Metroxylon sagu dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan makanan pokok yaitu aci sagu. Kulit batang dimanfaatkan untuk pembuatan titian, daun dimanfaatkan sebagai dinding rumah dan atap.


3.      Areca catechu L

Areca catechu L.

Klasifikasi Tumbuhan

Kingdom          : Plantae
Super Divisio    : Spermatophyta
Divisio              : Magnoliophyta
Classis              : Liliopsida
Sub Classis       : Arecidae
Ordo                : Arecales
Famili               : Arecaceae
Genus               : Areca
Species            : Areca catechu L.
Nama daerah    : Pinang

Deskripsi Analitik

Areca catechu L. atau pinang merupakan tanaman Palma familia Arecaceae yang dapat mencapai tinggi 15-20 m. Berakar serabut, putih kotor. Batang tegak lurus tinggi, tidak bercabang dengan bekas daun yang lepas. Daunnya majemuk menyirip tumbuh berkumpul di ujung batang membentuk roset batang. Pelepah daun berbentuk tabung, tangkai daun pendek. anak daun ujungnya sobek dan bergigi.
Tongkol bunga dengan seludang panjang yang mudah rontok, keluar dari bawah roset daun, dengan tangkai pendek bercabang rangkap. Ada 1 bunga betina pada pangkal, di atasnya banyak bunga jantan tersusun dalam 2 baris yang tertancap dalam alur. Bunga jantan panjang 4 mm, putih kuning, benang sari 6. Bunga betina panjang, hijau, bakal buah beruang satu.
Bijinya satu, bentuknya seperti kerucut pendek dengan ujung membulat, pangkal agak datar dengan suatu lekukan dangkal, permukaan luar berwarna kecoklatan sampai coklat kemerahan, agak berlekuk-lekuk menyerupai jala dengan warna yang lebih muda. Pada bidang irisan biji tampak perisperm berwarna coklat tua dengan lipatan tidak beraturan menembus endosperm yang berwarna agak keputihan.
Buahnya buah buni, bulat telur sungsang memanjang, dinding buah berserabut, bila masak warnanya merah oranye.







2 comments:

  1. wah foto2nya mirip di kebun raya bogor loh.. :)

    ReplyDelete
  2. hahaha..masa sih...belum pernah ke kebun raya bogor padahal..

    ReplyDelete

Komentar kamu akan sangat berarti bagiku . . . so berikan komentar yang OK punya . . .